Hal - Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai P2P Lending


Apa itu peer to peer lending? Tentu itu adalah pertanyaan yang ada di benak anda sebagai orang awam yang belum mengetahui jenis investasi yang satu ini. Peer to peer lending adalah salah satu kegiatan pinjam meminjam yang dilakukan oleh perseorangan yang bisa dilakukan secara online. Saat ini P2P lending sering dianggap sebagai jenis investasi baru yang menguntungkan. Ternyata tak hanya menguntungkan bagi segi investor saja, P2P lending juga menguntungkan bagi para peminjam. 


Hal tersebut dikarenakan mereka bisa mendapatkan pinjaman yang prosesnya mudah dan juga cepat. Namun sebelum anda memilih investasi P2P lending, anda harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi yang satu ini agar lebih paham dan juga memahaminya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam P2P Lending.

1. Melakukan investasi di perusahaan tang telah terdaftar OJK

Agar tidak menjadi korban penipuan investasi, anda tentu haris memilih sebuah perusahaan P2P yang memiliki situs resmi. Dalam hal ini anda harus menggunakan perusahaan yang sudah terdaftar dalam daftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu perusahaan P2P yang sudah terdaftar di OJK adalah Amartha. Berinvestasi di Amartha tentunya aman dan juga terpercaya. Hal tersebut dikarenakan P2P lending ini telah diawasi oleh OJK serta menggunakan sistem pengelolaan risiko yang terintegrasi di lapangan, teknologi yang mumpuni, dan juga jaminan pendanaan yang menggunakan asuransi. Sehingga anda dapat melakukan proses investasi dengan aman dan tentunya nyaman.

2. Disesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum memulai investasi apapun, pastikan anda telah mengenali kebutuhan keuangan pribadi sejak awal. Hal tersebut juga berlaku pada jenis investasi yang satu ini. anda harus memiliki tujuan sendiri terkait dengan investasi yang akan anda lakukan. Misalnya hanya ingin mendapatkan dana tambahan, membeli sesuatu dalam jangka waktu tertentu, atau hal-hal lainnya. Dengan demikian, nantinya anda bisa menentukan alokasi dana yang dimiliki, memilih periode investasi yang akan anda lakukan, serta hasil yang akan diharapkan. Dalam hal ini keuntungan yang akan didapatkan pun bisa lebih banyak dari pengembaliannya karena suku bunga yang ditawarkan oleh P2P lending ini biasanya cukup besar. Sehingga cukup menguntungkan bagi para investor.

3. Mulai dengan modal yang kecil

Saat melakukan investasi pada P2P lending, ada baiknya untuk melakukan investasi dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat anda berinvestasi dengan kondisi keuangan yang tetap terjaga dengan baik. Selain itu anda juga akan bisa melakukan verifikasi pada investasi yang anda lakukan. Hal tersebut dikarenakan perusahaan yang anda pilih nantinya akan memberikan beberapa profil yang dimiliki oleh calon debitur. Kemudian anda akan memutuskan debitur mana yang paling cocok untuk diberikan pendanaan.

Posting Komentar

0 Komentar