Semoga Tetap Bugar Ketika Puasa Sebulan Penuh

 Agar Tetap Bugar Saat Puasa Sebulan Penuh  Agar Tetap Bugar Saat Puasa Sebulan Penuh
Bagi umat islam, puasa pada bulan suci Ramadhan merupakan ibadah yang diwajibkan. Bahkan menjadi rukun Islam yang keempat.

Pada bulan ini, seluruh umat islam di dunia tanpa terkecuali hanyut dalam kegiatan puasa harian selama sebulan penuh. 

Ibadah puasa Ramadhan membutuhkan kekuatan fisik yang prima ada sanggup berpuasa penuh dalam sebulan. Sebab puasa identik dengan lemas, kehilangan cairan tubuh dan kurang berenergi.

Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa

Untuk itu diharapkan cara biar meskipun sedang berpuasa, namun tubuh tetap sehat dan bugar. Dan tips-tips berikut sanggup dicoba.

Cek Lambung

Karena puasa berkaitan dengan organ lambung, yakni menahan lapar dahaga, maka ada baiknya cek dokter soal kondisi lambung. Apalagi yang sering mempunyai keluhan sakit perut, maag, asam lambung dan lainnya.

Menu Terjadwal

Buatlah rincian detail sajian ketika sahur dan berbuka setiap hari guna memenuhi nutrisi harian bagi tubuh.

Minum Air Saat Sahur

Perbanyak minum air putih ketika sahur guna menanggulangi rasa dahaga yang berlebihan. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik menciptakan tubuh tetap bersemangat.

Karbohidrat dan Protein

Selain banyak minum air, ketika sahur juga sebaiknya menyediakan makanan yang mengandung zat karbohidrat dan protein biar tubuh tak gampang lemas di siang hari.

Tempat Sejuk

Ganti kegiatan harian ketika berpuasa di daerah yang sejuk, contohnya di dalam kantor dan daerah yang tidak panas lainnya. Hal ini untuk mengurangi resiko kehilangan cairan tubuh tubuh.

Aktivitas Fisik

Batasi kegiatan fisik harian ketika berpuasa. Agar tubuh tidak terlalu gampang keluar cairan keringat yang berimbas pada kehilangan cairan tubuh pada tubuh. Jika ada kesempatan, istirahat secukupnya.

Makan Ringan

Saat waktu buka puasa tiba, sebaiknya hindari makan berlebihan. Hal ini akan menciptakan kondisi metabolisme perut kaget dan menimbulkan dampak lemas dan ngatuk. Hal yang dihindari alasannya ialah masih ada kegiatan lainnya di malam hari, yaitu sholat tarawih.

Berbuka Sehat

Santap makan malam sesudah berbuka dengan sajian yang kaya gizi dan nutrisi untuk menimbulkan kekuatan ketika hendak puasa di keesokan harinya.

Minuman Buruk

Hindari minum kopi, teh atau minuman bersoda ketika sahur maupun berbuka puasa. Efek di dalamnya akan menunjukkan dampak bagi tubuh ketika berpuasa.

Olahraga 

Meski sedang berpuasa, tidak ada salahnya untuk tetap rutin melaksanakan olah raga biar tubuh tetap bugar. Manfaatkan waktu malam hari sesudah tarawih selama 10-20 menit jalan kaki.

Makan Pedas dan Gorengan

Makanan pedas sanggup menimbulkan gangguan pada perut ibarat mulas dan diare. Adapun makanan gorengan gampang menimbulkan rasa haus alasannya ialah kandungan minyak yang menghalangi perembesan air oleh tubuh ketika sahur.

Jadwal tidur

Guna mendapat energi yang cukup, sebaiknya atur agenda tidur sebaik-baiknya. Misalnya satu jam di tengah hari.

Itulah beberapa tips yang sanggup dilakukan bagi orang yang berpuasa biar tetap sehat dan bugar di bulan suci Ramadhan. Demikian semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar