Resep Camilan Elok Bugis

Kue Bugis
Sampai dikala ini (saat aku posting ini) aku masih galau dan belum menemukan alasan kenapa camilan elok ini dinamakan camilan elok bugis, apa mungkin alasannya yaitu camilan elok ini dulu dibentuk atau popular di kawasan bugis, siapa tahu diantara pembaca ada yang tahu, aku berharap ada masukan silahkan dikoment dibawah ya.

Kali ini aku tidak membahas problem penamaan camilan elok ini alasannya yaitu memang ilmu aku tidak hingga kesana, namun yang aku ingin menyebarkan yaitu langkah-langkah menciptakan camilan elok bugis ibarat yang aku kutip dari ebook 25 masakan tradisional, silahkan disimak :

Bahan Kue Bugis :
200 gr tepung ketan
1 sdm gula putih
175 mili liter santan dari 1/2 butir kelapa
3 tetes pewarna hijau

Untuk isian :
100 gr hasil parutan kelapa muda (parut secara bergairah saja)
50 gr gula merah, disisir halus
1 lembar daun pandan
1/8 sendok teh garam atau sesuai selera

Cara menciptakan Kue Bugis :
Membuat isi : kelapa dimasak bersama gula merah, daun pandan, dan garam Hingga berminyak, angkat Kemudian biarkan dingin.
Campurkan tepung ketan dan gula pasir. Tuangkan santan secara sedikit demi sedikit Lalu tambahkan pewarna hijau sambil diuleni. Sisihkan.
Bulatkan gabungan tepung ketan sebesar kelereng masukkan isi kemudian bulatkan lagi. Kukus selama 15 menit sambil sesekali dibuka tutupnya.
Setelah agak dingin, bungkus dengan daun pisang.
Bisa dibentuk untuk 30 buah

Sekian postingan Resep Kue Bugis, semoga bermanfaat bagi Anda terutama penyuka masakan camilan elok tradisional berbahan dasar tepung ketan

Sumber Resep : Ebook 25 Resep Kue Tradisional

Posting Komentar

0 Komentar