Resep Camilan Anggun Cenil

Kue Cenil
Masih membahas perihal camilan anggun tradisional dengan materi dasar tepung kanji, kali ini Bale Kuliner mencoba kembali memposting camilan anggun tradisional yang mungkin sudah jarang kita lihat. Kue ini dulu sering aku temui di kampung dan biasanya dibuat sebagai bekal pergi ke sawah. 

Sekilas Kue Cenil seakan-akan dengan Onde-Onde namun bentuk Cenil agak tidak beraturan. Kalau Onde-onde biasanya disi dengan gula aren, namun camilan anggun cenil biasanya tidak diisi apa-apa alias padat, mungkin di kawasan Anda, camilan anggun cenil ini punya nama lain?

Nah berikut langkah menciptakan Kue Cenil, silahkan disimak dan dipraktekkan dirumah :

Bahan Kue Cenil :
  • 250 gr tepung kanji
  • 125 ml air mendidih
  • 1/2 sdt garam halus

Bahan Taburan :
  • 1/2 btr kelapa, kupas, parut panjang, kukus
  • 1 lbr daun pandan
  • 100 gr gula pasir
  • Pewarna merah, hijau (pasta pandan) secukupnya

Cara Membuat Kue Cenil :
  1. Untuk Taburan : Kukus kelapa parut, pandan, dan garam selama 15 menit. Angkat, sisihkan.
  2. Ambil 1 sendok makan tepung kanji, cairkan dengan 2 sendok makan air dingin. Tuang ke dalam 125 ml air mendidih, aduk hingga kental.
  3. Masukkan sisa tepung kanji sedikit-sedikit, aduk rata, uleni hingga gabungan sanggup dibentuk, kemudian bagi gabungan menjadi 3 bagian.
  4. Beri masing-masing gabungan pewarna camilan anggun berwarna merah, hijau, dan biarkan gabungan yang satunya, kemudian bentuk tiap gabungan menjadi lingkaran panjang atau sebesar jari kelingking, sisihkan.
  5. Didihkan air, rebus gabungan yang sudah dibuat hingga mengapung dan matang. Angkat, gulingkan dalam kelapa parut.
  6. Sajikan cenil dengan kelapa parut dan gula pasir.

Sekian postingan Resep Kue Cenil, semoga bermanfaat bagi Anda terutama penyuka masakan camilan anggun tradisional yang berbahan dasar Tepung Kanji.

Posting Komentar

0 Komentar